RSS

Sweet... Sweet... Yummy...

``Play the game or close it to see your Horoscope update everyday``

Minggu, 17 Oktober 2010

Inilah Bahaya Kantong Plastik...

Ketika kita berbelanja di Supermarket ataupun membeli sesuatu di toko, barang belanjaan pastilah akan dimasukan ke dalam plastik untuk memudahkan pembeli membawanya.. Tapi penggunaan plastik itu ternyata membahayakan lho untuk jangka waktu yang lama.. Nah,untuk lebih jelasnya baca artikel di bawah ini yuk..

KOMPAS.com - Bahaya limbah plastik bukan omong kosong. Telah banyak penelitian membuktikan dahsyatnya limbah plastik mendatangkan bahaya termasuk potensi negatifnya dalam mendegradasi lingkungan.
 
Hal yang pasti adalah dampak negatif sampah plastik tidak sebesar fungsinya. Butuh waktu 1000 tahun agar plastik dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi atau terurai dengan sempurna.

Diperkirakan, 500 juta hingga satu miliar kantong plastik digunakan di dunia tiap tahunnya. Jika sampah ini dibentangkan maka, dapat membungkus permukaan bumi setidaknya hingga 10 kali lipat! Setiap tahun, sekitar 500 miliar hingga satu triliun kantong plastik digunakan di seluruh dunia. Diperkirakan setiap orang menghabiskan 170 kantong plastik setiap tahunnya dan lebih dari 17 miliar kantong plastik dibagikan secara gratis oleh supermarket di seluruh dunia setiap tahunnya.
(Dikutip dari : Kompas.com | Minggu, 17 Oktober 2010 | 15:02 WIB)


Analisa :
Wah.. Ternyata plastik itu berguna di awal tapi bahaya di akhir yah.. Bayangkan kalo penggunaan sebesar yang dijelaskan artikel di atas, apa jadinya bumi kita tercinta ini? 

Nah, sepengetahuan saya, ketika terurai partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakarannya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf, dan memicu depresi.. Ngeri banget kan.. 

Selain itu, dampaknya bagi lingkungan, kantong plastik juga mengakibatkan banjir, karena menyumbat saluran-saluran air dan tanggul sehingga mengakibatkan banjir bahkan yang terparah merusak turbin waduk.

Kantong plastik juga menjadi salah satu penyebab perubahan iklim utama di mana sejak proses produksi hingga tahap pembuangan, sampah plastik mengemisikan gas rumah kaca ke atmosfer. Kegiatan produksi plastik membutuhkan sekitar 12 juta barel minyak dan 14 juta pohon setiap tahunnya. Proses produksinya sangat tidak hemat energi. Pada tahap pembuangan di lahan penimbunan sampah (TPA), sampah plastik juga mengeluarkan gas rumah kaca. Inilah salah satu faktor penambah efek global warming..  

Tidak kalah bahaya dengan kantong plastik, plastik pembungkus makanan, toples, gelas, tempat makan, dll juga dapat memberikan dampak negatif terutama bagi kesehatan apabila senyawa kimia dari plastik itu sendiri sempat terurai akibat suhu yang panas dan masuk ke dalam sistem pencernaan kita.. Apalagi jika plastiknya berwarna-warni, otomastis efeknya bertambah buruk karena zat kimia yang ditambahkan juga lebih banyak.

Solusi :
Kesadaran menjaga lingkungan seharusnya sudah ditanamkan sedari dini.. Penghematan penggunaan kantong plastik juga harus dilaksanakan untuk mengurangi dampak-dampak negatif.. Kita bisa memilih alternatif lain dengan menggunakan pembungkus yang berbahan dasar kayu seperti karton tipis ataupun kertas pembungkus.. Apabila masih dirasa sulit, maka bisa dicoba untuk membuat semacam tas plastik yang dapat dipakai kembali.. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah usahakan untuk meminimalisir mengkonsumsi makanan misalnya makan menggunakan piring plastik apalagi dalam keadaan panas. Karena suhu panas dapat menguraikan sedikit senyawa kimia plastik tsb. Sebaiknya kita bisa menggunakan bahan kaca ataupun stainless yang lebih tahan terhadap panas.. 

Jadi mulai sekarang kurangi penggunaan kantong plastik guys untuk masa depan bumi yang baik di masa mendatang sebagai warisan kepada generasi penerus kita.. hohoho... 

5 komentar:

Merry Len Walker mengatakan...

dari dulu kantong plastik memang telah menjadi masalah lingkungan. Sebenarnya bukan kantong plastik saja tapi juga barang-barang dari plastik lainnya. Styrofoam juga merupakan masalah karena tidak bisa diuraikan oleh tanah. Sayang sekali kan jika tanah harus tercemar oleh bahan-bahan seperti ini padahal manusia juga yang menciptakannya. Kita harus pandai-pandai mengurangi penggunaan bahan-bahan seperti ini agar lingkungan kita tidak tercemar. ^^

desy^_^ mengatakan...

tentang bahaya kantong plastik ini saya udh mendengar sejak lama tapi tetap aja d gunakan^^
biasanya untuk lauk yang ku bawa untuk makan siang juga di masukan dalam kantong plastik es tapi ga sering se, nah dr klo keliatan papa ku pasti aku kenal omel. krna dia juga tau bahaya kantong plastik tersebut apa lagi jika memasukan lauk tersebut dalam kedaan panas.
Carrefour sekarang juga sudah mulai penerapan penghematan kantong plastik ini. yang di lakukan carrefour adalah menjual 1 kantung plastik khusus,bagi yang berbelanja dsna harus membawa kantong plastik tsb. dengan beitu akan mengurangi kantong plastik dan bahaya2 yang terdpt di dlmnya....

TitaSugar mengatakan...

hmmmm... ga semua barang yang kita beli di toko harus pake kantong plastik.. misalnya kalo barang yang kita beli hanya sedikit dan bisa dimasukin ke tas yang kita bawa, ya masukin aja dalam tas dan tolak kantong plastik yang diberikan. membawa tas kemana2 sangat bagus lho... ;)

tapi untungnya sekarang sudah banyak perusahaan yang sadar akan bahaya plastik, maka diproduksi dan dipakai kantong plastik yang tipis dan mudah terurai. pemakaian bahan daur ulang untuk produk perusahaan juga merupakan aksi menyelamatkan lingkungan yang sangat baik..

Vivi mengatakan...

yup..yup.. bener banget pendapat temen2.. So, mulai skrg kita juga harus menghemat buat pake kantong plastik.. ^^

Vivi d'sei mengatakan...

yup,, harus dimulai dari sekarang.. ada gunanya juga cewek suka bawa-bawa tas gede.. jadi kalau membeli barang yang jumlahnya sedikit atau ukurannya kecil, bisa langsung taruh di tas.. tidak perlu menggunakan kantong plastik..

Posting Komentar

 
Copyright ```Did You Know....? 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .