RSS

Sweet... Sweet... Yummy...

``Play the game or close it to see your Horoscope update everyday``

Selasa, 14 Desember 2010

Lambang Garuda di Kostum Timnas Digugat


VIVAnews -- Dua hari jelang pertandingan semifinal Piala AFF antara Indonesia dan Filipina, masalah hukum menghampiri Tim nasional (Timnas).

Seorang pengacara, David ML Tobing menggugat penggunaan lambang Garuda yang ada di kostum Timnas. Gugatan dilayangkan hari ini, Selasa 14 Desember 2010 di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. 

Apa alasan David menggugat kostum Timnas? "Hal itu melanggar UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan," kata David di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa siang. 

Dalam Pasal 52 dijelaskan lambang negara dapat digunakan sebagai lencana atau atribut pejabat negara, pejabat pemerintah, atau WNI yang mengemban tugas negara di luar negeri.

"Nah, sekarang apakah bertanding termasuk dalam kategori itu," tambah dia. Dijelaskan David, lambang negara di kostum Timnas ada di dua tempat. Berupa emblem Garuda di dada kiri dan watermark Garuda yang memanjang dari dada hingga perut bagian atas.

David mengajukan lima pihak sebagai tergugat. Tergugat pertama adalah Presiden. 

"Presiden kan meninjau langsung pada saat latihan, harusnya ia melihat lambang itu. Presiden harusnya bertindak, mengambil tindakan," jelas David. 

Tergugat kedua adalah Mendiknas, yang merupakan pihak yang memiliki otoritas dan kewenangan untuk merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis. 

Sementara, tergugat ketiga adalah Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga. "Tergugat 1 sampai 3 pada dasarnya mengetahui dan  menyadari penggunaan lambang negara yang telah dilakukan Tergugat 5, Nike," kata David. 

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dijadikan tergugat keempat. 

Sementara, produsen kostum Timnas, Nike dijadikan tergugat lima. "Karena membuat dan memasarkan kostum Timnas Indonesia yang menggunakan lambang negara," tambah David.

Dalam gugatannya, David meminta PN Jakarta Pusat memerintahkan Presiden, Mendiknas, dan Menegpora melarang dan melakukan pengawasan seksama penggunaan lambang negara. 

Juga, "Menghukum PSSI untuk menghentikan pemakaian lambang negara di seluruh kostum," kata David. 

PSSI dan pihak Nike juga diminta merevisi dan atau mengakhiri perjanjian PSSI dan Nike yang mengatur penggunaan lambang negara. 

"Juga menghukum Nike menghentikan produksi dan menarik peredaran kostum Timnas," kata David. 

Dalam gugatannya, David juga meminta putusan ini dapat terlebih dahulu meski ada bantahan, banding, kasasi, dan upaya hukum lainnya. 

"Gugatan ini dilayangkan hari ini supaya saat Timnas bertanding di semifinal tidak pakai lambang negara," tambah dia. (umi)
(Sumber : VIVAnews.com | Selasa, 14 Desember 2010 | 14:39)

Analisa :
Menurut saya, gugatan ini rasanya terlalu dibesar-besarkan.. Saya rasa penempatan lambang Garuda di kostum Timnas mempunyai alasan tersendiri.. Selama ini, Garuda merupakan lambang persatuan bangsa Indonesia.. Dan kita semua tahu dengan semboyannya yang terkenal "Bhineka Tunggal Ika".. Dengan ini, maka pemain yang berasal dari berbagai daerah di seluruh tanah air diharapkan dapat bersatu dan mendongkrak nama Indonesia dan bendera merah putih di ajang AFF ini.. 

Namun tetap saja hal ini tidak sesuai dengan UU yang ada.. Presiden sebagai tergugat pertama juga tidak bisa disalahkan mentah2.. Beliau mungkin saja tidak terlalu memperhatikan kostum karena terperangah dengan kepiawaian mereka dalam mengendalikan bola di lapangan.. Nike juga tidak semata2 pihak yg dapat disalahkan.. Kita juga tidak tahu apakah design tersebut memang murni dirancang oleh pihak Nike atau diajukan oleh pihak tertentu yg kemudian diteruskan oleh Nike.. Oleh karena itu, seharusnya pihak Nike juga harus lebih jeli dan teliti untuk memastikan kembali mengenai rancangan dan design kostum mengenai etika2 yg berlaku maupun nilai moral di dalamnya.. 

Setelah melihat keberhasilan Timnas Indonesia hingga melaju ke semi final di Piala AFF ini, masih perlukah kita menggugat hal2 tersebut? Mungkin saja keberhasilan ini akibat penempatan lambang di kostum mereka dan secara tidak sadar menjadi sugesti yg tertanam di benak mereka.. Siapa yang tau..?? Rasanya akan lebih bermanfaat untuk memanfaatkan waktu yang ada untuk memikirkan rencana ke depan dan lebih memperhatikan dan memaksimalkan persiapan untuk pertandingan semi final 2 hari mendatang.. 

5 komentar:

Ferry mengatakan...

Lambang negara digunakan ke lambang tim sepak bola memang tidak diperbolehkan pada UU. Oleh karena itu, lambang tim sepak bola seharusnya menggunakan lambang tersendiri atau mungkin dapat menyamai lambang negara Indonesia tetapi tidak menggunakan lambang negara secara mentah-mentah.

Seperti yang dikatakan Vivi, lambang garuda mungkin menjadi sugesti yang tertanam dibenak pemain untuk bermain lebih semangat demi negara. Apabila lambang diganti menjadi sangat berbeda dengan lambang sebelumnya, apakah semangat bermain dan menang akan sebaik pertemuan lalu? :)

AureGenia heRna Lie mengatakan...

studddju vi....
memang ini terlalu dibesar-besarkan. presiden aja adem ayem, koq yang lain malah sewot.
justru dengan penggunaan lambang garuda itu menunjukan kecintaan mereka terhadap tanah air..
kasus ini mirip dengan penggunaan bendera merah putih sebagai latar di album dewa beberapa saat lalu ya...
menurut saya lebih baik kita memberikan support kepada Timnas kita agar bertanding lebih semangat sehingga dapat membanggakan negara daripada mencari-cari kesalahan orang lain hanya untuk mencari sensasi ataupun keuntungan lainnya.

Veranica Zhang mengatakan...

hm..saya rasa jgn mempermasalahkan pemakaian lambang garuda di kostum timnas karena mereka sendiri telah mengemban tugas negara untuk bertanding memperebutkan kejuaraan di Piala AFF. Mereka membawa nama negara dan mengharumkan nama bangsa. Mempergunakan lambang negara akan membuat bangga negara kita apalagi ketika kita memenangkan kejuaraan dan mengalahkan negara lain.

Yesil Li mengatakan...

Yupzz,, buat sensasi aj ne pangacara,,
Penggunaan lambang ini di kostum tim nasional emanx na salah?? Ini juga termasuk mengemban tugas negara di Luar negeri toh?? Mereka membawa nama negara dan berjuang untuk persepakbola Indonesia,,,
Penggunaan lambang ini kan sudah sangat lama,, bukannya qt seharusnya bangga?? Selama melihat tim-nas Indonesia bermain, org2 d seluruh penjuru dunia memperhatikan lambang kesatuan ini adalah lambang negara Indonesia,, seluruh dunia jadi tau,, Indonesia berbeda tapi tetap satu,,
Cia yoo Indonesia,, cia yoo Tim-Nas,,
;-)

Vivi mengatakan...

@all: yaak.. aku setuju dgn kln semua.. lagipula lamabang garuda kan melambangkan persatuan.. dgn mempermasalahkan ini mah sama aja merusak persatuan.. sering juga kita melihat para pemain yg mengecup lambang itu sesaat setelah mencetak gol.. seperti yg teman2 katakan mereka toh mengemban tugas negara.. ini merupakan salah satu cara tidak langsung utk memeperkenalkan lambang negara kita Indonesia ke mata negara lainnya..

Posting Komentar

 
Copyright ```Did You Know....? 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .